Subscribe:

Pages

Sabtu, 04 Februari 2012

Serpent loach ( Serpenticobitis octozona )

Serpent loach merupakan salah satu jenis ikan loach atau serowot anggota famili Balitoridae. Berasal dari sungai Sekong atau Xe Khong (ເຊກອງ) di negara Laos dan tampaknya merupakan spesies endemik sungai tersebut. Sungai Sekong sendiri merupakan salah satu dari anak sungai Mekong. 

Sebagai bagian dari sistem sungai Mekong, ada rencana untuk membendung sungai ini dengan bendungan PLTA. Namun sayangnya rencana tersebut telah disetujui pemerintah, dikhawatirkan kelangsungan ikan-ikan yang hidup pada sungai ini akan terancam. Habitat yang didiami oleh ikan ini adalah sungai-sungai dangkal yang mengalir dengan cepat, hulu sungai yang sarat oksigen, kolam-kolam, serta daerah air terjun dalam beberapa kasus. Daerah yang dihuni oleh ikan ini biasanya penuh dengan bebatuan dan kerikil serta kaya akan oksigen. Serpent loach berukuran kecil, panjangnya hanya sekitar 5 cm saja. Tubuhnya berbentuk memanjang, dengan sirip berwarna belang hitam dan putih. Warna tubuhnya adalah coklat muda yang diselingi garis-garis berwarna kuning, coraknya tersebut membuat ikan ini tampak menarik.

Ikan ini sebenarnya tidak terlalu sulit dipelihara, asalkan dipelihara dalam kondisi yang benar. Direkomendasikan untuk memeliharanya dalam akuarium yang di-setting menyerupai habitat aslinya. Agar sesuai seperti habitat aslinya, gunakan substrat pasir atau kerikil halus disertai dengan batu-batuan. Tambahkan pula beberapa cabang kayu dan tanaman air agar lanskap pada akuarium tidak berkesan kaku. Akuarium yang dibutuhkan tidak perlu besar, cukup sediakan akuarium berukuran 75 x 30 x 30 cm.  Secara alami, ikan ini toleran terhadap akumulasi polutan organik seperti ikan lainnya, namun agar tumbuh dengan sehat kondisi air yang bersih sangatlah dibutuhkan. Setiap seminggu sekali, minimal 30-50 % dari total volume air harus diganti. Kondisi air yang dibutuhkan ; pH 6-7 temperatur air 23-26 °C.
Serpent loach adalah ikan omnivora meskipun sebagian besar makanannya di alam liar terdiri atas serangga kecil, cacing, krustasea, serta zooplankton lainnya. Malahan, ikan ini jarang mengonsumsi makanan yang bersumber dari tetumbuhan. Dalam akuarium ikan ini dapat diberi makan pakan kering dengan proporsi yang sesuai. Makanan sehari-hari lain yang dapat diberi adalah pakan hidup atau pakan beku, diantaranya daphnia, artemia, bloodworm, dan lain-lain. Kondisi makanan yang baik akan berpengaruh pada pewarnaan tubuh. Serpent loach berkarakter pendamai terhadap ikan lain ataupun spesiesnya sendiri. Pemeliharaan secara berkelompok sangat dianjurkan, idealnya minimal terdapat empat ikan dalam satu kelompok. Ikan yang cocok sebagai tankmates untuk ikan ini antara lain gourami (sepat) hias; jenis cyprinid seperti barb, danio, rasbora; loach; ataupun jenis ikan pendamai lainnya. Berhubung ikan ini berukuran kecil, jangan memeliharanya bersama ikan yang agresif atau predator karena ikan ini akan dimangsa.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar